Bupati Temanggung Geram Warga Masih Gelar Hajatan di Tengah Merebaknya Corona

n6p2njbcbtbtlep6z1gx.jpg
Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadziq. Foto: ari.
Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadziq merasa geram mengetahui warganya masih nekat menggelar nyadran dan sejumlah bentuk hajatan. Padahal saat ini kondisi sedang genting ditengah merebaknya virus corona. Namun demikian, dia mengaku tidak akan berhenti untuk terus mengedukasi warganya agar segera sadar dan tidak meremehkan corona, sebab berakibat pada kematian dan penularan secara massal.
“Para kadang sedulur sedaya se-Kabupaten Temanggung, kita berada dalam masa pagebluk, masa sulit, masa prihatin, masa wabah penyakit. Saya mengajak semua masyarakat untuk hindari acara-acara, hindari kumpul-kumpul, aja (jangan) kemruyuk, aja ubyang-ubyung rana-rene nek perlu ora usah metu seka omah (jangan pergi ke sana kemari kalau perlu tidak usah keluar rumah). Sekarang apalagi sudah ada instruksi dari Kapolri semua kegiatan masyarakat yang mengumpulkan banyak orang akan dibubarkan oleh kepolisian,” ujarnya Selasa (24/3/2020).
Acara itu, baik kegiatan kebudayaan event seni budaya, festival maupun kegiatan keagamaan seperti pengajian, selamatan, sadranan juga kegiatan hajatan dan lain-lain. Dikatakan, sudah ada instruksi dari kapolri kalau masih ada masyarakat menyelenggarakan akan dibubarkan secara paksa dan yang bersangkutan bisa dikenai pidana.
Menurut Hadik, lebih baik membatalkan semua acara daripada berakibat fatal. Jangankan acara nyadran, ibadah umroh di Tanah Suci saja saat ini dihentikan, maka tidak ada alasan apapun mengatasnamakan kegiatan agama maupun sosial jika ujung-ujungnya tetap menjadi media berkumpulnya orang banyak.
“Oleh karena itu, mangga masyakat sak Temanggung kita kembali ke rumah masing-masing, jangan bertemu orang lain, virus ini menyebar dari pertemuan-pertemuan antar orang sehingga selagi orang per orang masih bertemu virus ini pasti akan menyebar. Tapi kalau kita bisa menahan diri untuk tidak bertemu orang lain tidak kumpul kumpul tidak ikut acara acara InsyaAllah virus itu tidak akan masuk menyebar di antara kita semua. Jangan lupa kita semua berdoa kepada Allah SWT semoga seluruh masyarakat Temanggung sehat seluruh bangsa sehat, seluruh umat manusia sehat, virus ini cepat musnah dari bumi Allah SWT,” katanya. (ari)
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *